AYAM WOKU

Assalamualaikum 😊😊😊
Yeayy.. Udah mulai masak dan udah mulai pepotoan lagi hihi. Kali ini bikin ayam woku dengan resep dari mbak @susan_gracia yang masakannya always bikin ngiler πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Makasih resepnya ya mbak 😘😘😘
Woku ini tadi saya googling berasal dari Sulawesi Utara, bisa untuk daging – dagingan juga ikan – ikan laut. Mantap banget rasanya😍😍.

Resep Ayam Woku

Resep by @susan_gracia
Recook by @gadis785

A. Bahan

  • 1 ekor ayam, potong-potong (tadi berat brutonya kurang lebih 2,2kg)

B. Bahan Bumbu Halus

  • 12 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 4 cabai merah besar (saya ga ada cabe besar jd ga pakai) 
  • 15 cabai rawit merah (saya 10 buah, karna anak – anak makan juga) 
  • 12 cabai merah keriting
  • 5 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 2 batang sereh, geprek
  • 1 ruas jahe, geprek .
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 1 lembar daun kunyit, iris
  • 8 lembar daun jeruk .
  • 2 lembar daun pandan, iris .
  • Cabai rawit merah utuh (selera)
  • 2 batang daun bawang
  • 1 ikat daun kemangi
  • Air secukupnya (500ml)
  • Garam secukupnya (1,5 sdt) 
  • Kaldu bubuk secukupnya (saya 1 buah kaldu blok) 
  • Lada bubuk secukupnya (saya ½)
  • 1 buah jeruk nipis (1/2 buah) 
  • (saya tambah 6 sdt gula pasir dan 8 sdm minyak goreng)
Baca Juga: Resep Ayam Goreng Bumbu Lengkuas

C. Cara Membuat

  • Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus, serai, lengkuas, jahe, daun kunyit dan daun jeruk. Hingga wangi.
  • Lalu masukan ayam, masak hingga ayam berubah warna.
  • Tambahkan air hingga menggenangi setengah ayam untuk proses ungkep. Berikan garam, kaldu bubuk dan lada.
  • Jika ayam sudah 1/2 matang masukan daun pandan yang sudah di iris dan cabai rawit merah utuh. Lanjutkan memasak ayam hingga air meresap dan ayam empuk. Apabila ayam belum empuk bisa tambahkan air lagi.
  • Terakhir tambahkan daun kemangi dan daun bawang, aduk rata masak sebentar, lalu beri perasan jeruk nipis dan matikan api. Sajikan.


Comments