Talam Pandan

by: Gadis | IG : gadis785
Yang ikut buat ikut eksis ya ^^ Resep talam pandan ini saya ambil dari blog: catatan-nina.blogspot.co.id/2014/02/talam-beras.html?m=1

Saya cuma menggunakan 1/2 dari resep di bawah ini.
Deskripsi saya copy paste langsung dari blog :) 

Bahan Lapisan Hijau :
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 125 gr gula pasir
  • 50 ml air daun suji (saya cuma air pandan gw punya suji)
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt pasta pandan
  • 125 gr tepung beras
  • 50 gr tepung sagu (tapioka)

Bahan Lapisan Putih :
  • 20 gr tepung beras
  • 50 ml air panas
  • 200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
  • 1/4 sdt garam
  • 35 gr tepung sagu (tapioka)

Cara Membuat :
  1. Siapkan cucing / cetakan talam, oles tipis dengan minyak. Sisihkan.
  2. Panaskan kukusan hingga beruap banyak (mendidih airnya), bungkus tutupnya dengan serbet bersih agar air tidak menetes.
  3. Lapisan Hijau : rebus santan, gula pasir, air daun suji dan garam sambil diaduk hingga mendidih. Saring.
  4. Setelah hangat, masukkan pasta pandan dan aduk rata.
  5. Tuang ke dalam campuran tepung beras dan tepung sagu sambil diaduk hingga licin.
  6. Tuang ke dalam cetakan talam hingga 3/4 penuh kemudian kukus selama kurang lebih 15-20 menit.
  7. Lapisan Putih : campur tepung beras dan air panas. Aduk hingga rata.
  8. Masukkan santan, garam dan tepung sagu. Aduk hingga rata dan licin.
  9. Tuang ke atas lapisan hijau dan kukus kembali selama 10-15 menit hingga matang.
  10. Angkat dan biarkan agak dingin baru dikeluarkan dari cetakan.

Notes :
  • Air daun suji bisa dibuat dari daun suji dan daun pandan yang dicincang halus kemudian diblender bersama sedikit air. Saring sebelum digunakan.
  • Apabila tidak memakai air daun suji, tambahkan santannya menjadi 550-600 ml.
  • Saat mengukus talam jangan menggunakan api besar agar adonan tidak mengembang, mekar dan pecah-pecah.


Catatan dari saya: 1/2 dari resep diatas jadi 14 kue talam

Comments