Rempeyek Kacang

Alhamdulillah... Terlaksana juga keinginan ayahnya anak-anak untuk dibikinin peyek :).
Saya pake resepnya mbak Fah umi Yasmin (makasiy banyak resepnya).
hasilnya tipis, kres kres, Joss, mantap, padahal saya baru pertama buat rempeyek :) Rempeyek kacang
Resep by:Fah Umi Yasmin
Recook by: Gadis F A

Bahan:

  • 200 gram tepung beras
  • 1 sdm tepung kanji/tapioka
  • 8 sdm daun jeruk diiris tipis-tipis
  • 300 ml air
  • 1 butir telur
  • Kacang tanah,dibelah 2 (saya pakai sekitar 120 gram)
  • 3 siung bawang putih (saya pakai 4 siung karena kecil-kecil)
  • 3 kemiri
  • 2 cm kencur
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt merica
  • 1 sdt munjung ketumbar(saya pakai ketumbar bubuk)
  • 1/4 kaldu blok (saya pakai 1/2) -Minyak untuk menggoreng
  • wajan cekung (parabola)

Cara membuat:

  1. Blender kemiri, bawang putih, kencur, ketumbar, merica, garam, kaldu, dengan sebagian air, sampai semuanya halus. sisihkan.
  2. Campur tepung beras, tepung kanji, telur, daun jeruk, bahan yang sudah diblender tadi dan sisa air. aduk sampai rata. lalu masukan potongan kacang tanah.
  3. Panaskan minyak goreng di wajan (tapi jangan sampai berasap). jika sudah panas, ambil adonan 1 centong lalu tuang kepinggir wajan. lakukan berulang sampai mengelilingi wajan.
  4. Siram-siram adonan dengan minyak agar adonan terlepas dan turun sepenuhnya ke minyak.
  5. Balik adonan agar matang di kedua sisi.lalu angkat dan tiriskan.
  6. Jika sudah dingin simpan dalam toples kedap udara.
Selamat mencoba :)

Comments