Resep Muffin Coklat

By Endang Indriani
Recook by: gadis F A

Bahan:
  • 260 gram tepung terigu protein sedang atau serba guna  (saya pakai segitiga biru)
  • 50 gram coklat bubuk dengan kualitas yang baik (saya pakai merk Bensdorp), (saya pakai Van Houten)
  • 50 gram susu bubuk full cream  (saya pakai Dancow)
  • 2 sendok teh baking powder double acting (saya pakai baking powder biasa 3sdt)
  • 200 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh garam
  • 250 ml susu cair (saya 200ml susu cair,50ml air matang,karna susunya cuma ada 200ml ^^ )
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 100 gram mentega dicairkan (bisa menggunakan margarine) - 50 ml minyak sayur - 1 sendok teh vanilla extract, atau 1/4 sendok teh vanilla essence atau vanili bubuk
  • 200 gram dark cooking chocolate, cincang kasar kecil-kecil.
  • 50 gram choco chips untuk taburan.


Cara buat:
  1. Panaskan oven 200 derajat hanya untuk memanaskan oven, yg nantinya ketika adonan muffin dimasukkan akan dipanggang di 170-180derajat selama kurang lebih 25-35 menit (disesuaikan dengan kematangannya)
  2. Ayak tepung terigu, coklat bubuk,susu bubuk, vanilla bubuk, baking powder. Campurkan dengan gula pasir.
  3. Kocok telur, campur dengan susu cair, minyak sayur, mentega/margarin yg sudah dicairkan.
  4. Campurkan bahan kering dan bahan cairnya.
  5. Masukan dark cooking chocolate yg sudah dicincang kasar
  6. Aduk sebentar dengan spatula.
  7. Masukkan ke cetakan muffin sekitar 3/4 cup. Taburkan chocochip
  8. Panggang sekitar 25-35 menit di suhu 170-180 derajat. (tergantung oven, cek kematangan dengan tusuk adonan pakai tusuk sate atau tusuk gigi) *saya tambah taburan gula halus ketika muffin sudah dingin, bisa diskip*


Comments