JAPANESE CHEESECAKE

by: Gadis FA | IG : gadis785
Assalamualaikum šŸ˜Š
Ini kali kedua saya bikin japanese cheesecake, rasanya terharu karena saya suka banget hasilnya. Teksturnya lembut dan lumer di mulut, wangi creamcheese dan lemonnya bikin gak sabar pingin cepet - cepet keluarin dari oven šŸ˜‚. Untuk cheesecake ini saya pakai creamcheese ya, belum pernah pakai cheddar cheese. Alhamdulillah semua yang di rumah suka šŸ˜Š. Pakainya loyang bongkar pasang diameter 24.

Resep Japanese Cheesecake

A. Bahan

350 gram creamcheese suhu ruang
170 ml whipcream cair
85 gram butter
70 gram tepung terigu protein rendah (kunci biru)
70 gram maizena
4 kuning telur
1 butir telur
6 putih telur
1 sdm parutan kulit lemon
1 sdm air lemon
170 gram gula pasir

B. Peralatan

Loyang bulat 24 cm yang sudah diolesi margarin/butter dan dialasi kertas roti
Loyang berisi air untuk alas ketika memanggang dengan teknik au bain marie.

Baca Juga: Resep Siomay Jagjag

C. Cara Buat

1. Panaskan oven di suhu 150 derajat celcius, masukan juga loyang alas yg diisi air.
2. Masak dengan api kecil butter, creamcheese dan whipcream sambil diaduk sampai tercampur saja, matikan api, saring, sisihkan.
3. Ayak tepung terigu dan maizena, lalu tambahkan adonan creamcheese tadi, 1 butir telur, 4 kuning telur dan parutan lemon, aduk rata menggunakan balon whisk hingga homogen, sisihkan.
4. Mixer dengan kecepatan tinggi 6 putih telur sampai berbusa, lalu masukkan gula dan air lemon sedikit demi sedikit sampai softpeak(putih kaku), sisihkan.
5. Ambil 1/3 adonan putih telur campur ke dalam adonan creamcheese, aduk lipat balik menggunakan spatula sampai tercampur. Lalu campuran kembali seluruh adonan sampai homogen.
6. Tuang kedalam loyang bulat yang sudah dialasi kertas roti, panggang dengan teknik au bain marie. Panggang dengan suhu 150 derajat api atas bawah selama 70 menit, dan naikkan suhu 170 derajat selama 10 menit , (sesuaikan suhu dan lama pemanggangan dengan karakteristik oven masing2)
7. Matang, diinginkan, lepaskan dari loyang secara perlahan.
8. Sajikan dengan selai strawberry, blueberry sesuai selera.





Comments